Materi Teks Biografi SMA

Materi Teks Biografi SMA

Materi Teks Biografi SMA

 Apa kabar sobat Rumahpintar? Tentunya dalam keadaan baik-baik saja bukan?...Dalam pertemuan ini kita akan belajar Materi bahasa indonesia yaitu Teks Biografi. Sering kali tanpa kita sadari, kita telah membaca teks biografi baik pada media sosial atau pada buku-buku pelajaran. Apakah sobar Rumahpintar ingin tahu bagaimana proses penulisan teks biografi? yuk simak pembahasan berikut ini:

Teks biografi adalah bentuk teks yang berisi kisah atau cerita seorang tokoh dalam kehidupannya, baik itu berupa kelebihan atau kekurangan yang ditulis oleh penulis agar bisa menjadi teladan untuk orang banyak.

Selain biografi, ada juga yang namanya Autobiografi. Autobiografi adalah riwayat hidup yang ditulis oleh tokoh itu sendiri. Jadi antara biografi dan autobiografi sangatlah berbeda. Perbedaan tersebut dapat ditinjau dari penulisnya, apakah riwayat tersebut ditulis sendiri atau orang lain yang menulisnya.

1. Ciri-ciri Teks Biografi

  • Teks biografi memuat informasi berdasarkan fakta dari tokoh yang diceritakan dalam bentuk narasi
  • Memuat sebuah fakta pengalaman hidup suatu tokoh dalam memecahkan masalah-masalah sampai pada akhirnya sukses, sehingga patut menjadi teladan
  • Teks biografi memiliki struktur yang jelas

2. Jenis Teks Biografi, Terdapat beberapa jenis Teks Biografi, antara lain:

Berdasarkan Sisi Penulis

  • Autobiografi, Suatu riwayat hidup yang ditulis sendiri oleh tokoh tesebut.
  • Biografi, bentuk teks yang berisi kisah atau cerita seorang tokoh dalam kehidupannya, baik itu berupa kelebihan atau kekurangan yang ditulis oleh penulis.
Penulisan Biografi berdasarkan izinnya dibagi menjadi dua, yaitu:
  • Authorized biography, sebuah biografi yang penulisannya mendapatkan izin dari tokoh yang akan di tulis cerita hidupnya.
  • Unauthorized biography, biografi yang penulisannya tanpa seizin dari tokoh yang akan di tulis kisah hidupnya. Biasanya penulisan unauthorized biography terjadi karena tokoh tersebut telah wafat.

Berdasarkan Isinya

  • Biografi perjalanan hidup, berisi perjalanan hidup lengkap seorang tokoh atau diambil dari bagian-bagian yang dianggap berkesan dan bisa dijadikan teladan bagi banyak orang.
  • Biografi perjalanan karir, berisi sebuah perjalanan karir seorang tokoh mulai dari awal hingga karir yang dilakukan saat ini atau bisa juga perjalanan karir dalam mencapai sebuah kesuksesan tertentu.

Berdasarkan Persoalan yang Dibahas

  • Biografi politik, penulisan cerita hidup tokoh Negara dari sudut pandang politik. Biografi ini mendapatkan bahan dari kumpulan berbagai riset. Tetapi, biografi politik biasanya selalu sarat akan kepentingan politik dari penulis atau tokoh yang ditulis.
  • Biografi intelektual, hampir sama dengan biografi politik, persamaannya yaitu bahan yang didapatkan dari berbagai riset. Namun, penulisannya dituangkan dalam gaya bahasa ilmiah.
  • Berdasarkan jurnalistik, sebuah biografi yang penulisannya didapatkan dari hasil wawancara dengan tokoh yang akan ditulis atau tokoh yang menjadi rujukan sebagai bahan pendukung cerita.

Berdasarkan Penerbit

  • Buku sendiri, sebuah biografi yang dijadikan buku oleh penerbit dengan biaya produksi mulai dari penulisan, percetakan dan pemasaran ditanggung sendiri. Penulisan biografi ini bertujuan untuk laku dijual dipasaran atau untuk mendapatkan perhatian publik.
  • Buku subsidi, penulisan biografi tokoh yang biaya produksinya ditanggung oleh sponsor. Biasanya biografi seperti jika dilihat dari segi komersil tidak akan laku ataupun jika laku harga jualnya terlalu tinggi sehingga tidak terjangkau.

3. Struktur Teks Biografi

  • Orientasi
Berisi gambaran awal tentang tokoh tersebut di dalam teks biografi.
  • Peristiwa dan Masalah
Bagian yang berisi penjelasan suatu cerita baik itu berupa pemecahan masalah, proses berkarir, peristiwa menyenangkan, menegangkan, menyedihkan hingga mengesankan yang pernah dialami oleh tokoh.
  • Reorientasi
Bagian penutup, berisi pandangan penulis kepada tokoh yang dikisahkan. Reorentasi bersifat opsional, jadi boleh ada maupun tidak ada.

4. Unsur Kebahasaan Teks Biografi

Kata Hubung
Kata hubung merupakan sebuah kata yang berfungsi sebagai penyambung antara satu kata terhadap kata yang lain pada sebuah kalimat serta juga kata hubung antara satu kalimat terhadap kalimat yang lainnya.

Jika kata hubung tersebut berfungsi sebagai penyambung kata pada sebuah kalimat, kata hubung itu dapat dinamakan konjungsi intrakalimat. Seperti : dan, tetapi, lalu, kemudian.

Namun apabila kata hubung tersebut berfungsi untuk menyambungkan antara satu kalimat terhadap kalimat lain, kata hubung itu dapat dinamakan konjungsi antarkalimat. Seperti : oleh karena itu, akan tetapi, meskipun demikian, tidak hanya itu.

Rujukan Kata
Rujukan kata adalah kata yang merujuk pada kata lain yang sudah diungkapkan sebelumnya. Kata rujukan dikatagorikan menjadi beberapa bagian, antara lain:
  • Kata rujuk benda atau hal. Contoh : ini, itu, tersebut.
  • Kata rujuk tempat. Contoh : disini, disana, disitu.
  • Kata rujuk orang. Contoh : dia, ia, beliau, mereka, -nya.
Peristiwa, Waktu dan Tempat
Kata yang berfungsi menunjukkan peristiwa, waktu dan tempat yang dialami oleh tokoh.

Kata Kerja
Kata kerja atau verba adalah suatu kelompok kata yang menjelaskan sesuatu hal yang dilakukan oleh tokoh. Kata kerja dibagi menjadi dua, yakni berdasarkan bentuk dan berdasarkan jenis.

Kata Kerja Berdasarkan Bentuk
  • Kata kerja dasar
Kata kerja dasar adalah kata kerja yang masih dalam bentuk aslinya, yang berarti kata kerja ini belum mengalami pengimbuhan baik awalan, akhiran ataupun sisipan.
Contoh : Adil, ambil, ajak

  • Kata kerja berimbuhan
Kata kerja berimbuhan merupakan kata kerja yang sudah mengalami penambahan, baik berupa awalan, akhiran, maupun sisipan.
Contoh :
Mengambil. Awalan = me + ambil (kata kerja dasar)
Mengadili. Awalan = meng + adil (kata kerja dasar) + i (akhiran)

Demikian pembahasan singkat dari Materi Teks Biografi SMA yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat untuk anda yang sedang mempelajari materi teks biografi.
See Also :